TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Forkot Kantongi Bukti Dugaan Kongkalikong Pembuatan Paspor di Imigrasi Pamekasan

PAMEKASAN- Sejumlah Aktivis yang tergabung dalam Forum Kota (Forkot) Pamekasan menyoroti kasus dalam pembuatan paspor hingga keterlibatan calo.

Pihaknya sudah melakukan audiensi dengan Imigrasi Pamekasan, akan tetapi hanya ditemui bagian Humas setempat, Rabu (16/05/2024).

Ketua Forkot Pamekasan, Samsul Arifin, mengatakan bahwa pihaknya merasa kecewa karena tidak ditemui langsung oleh pimpinan Imigrasi dan tanggapan humas atas sederet kasus yang disampaikan dinilai ngawur.

“Kasus dalam Pembuatan Paspor ini sudah disampaikan, mulai dari keterlibatan calo dalam pengurusan paspor, biaya paspor hingga Paspor untuk tenaga kerja ilegal,”ungkapnya kepada wartawan faktaviral.id, Senin (20/05/2024).

Kasus pembuatan paspor, ungkap Aktivis PMII tersebut, sudah menjadi rahasia umum, baik cara mengurus paspor cepat hingga paspor untuk kerja ke luar negeri dengan mudah.

“Hanya orang-orang tertentu yang mempunyai akses ke imigrasi, kita sebut calo, yang bisa mengurus melalui jalan khusus tersebut, tentu dengan patokan biaya yang relatif fantastis, bisa mencapai 1.5 Juta untuk setiap paspor biasa,”paparnya.

Menurut Samsul, cara-cara tersebut bisa dilakukan sampai sekarang, mesti ada hal yang saling menguntungkan, sehingga kami menduga ada setoran kepada oknum pihak imigrasi.

“bukti-bukti sudah kami kantongi, termasuk bukti pengakuan dari pemohon paspor hingga informasi valid dari orang yang pernah kerja sebagai calo di sana,”ujarnya.

Atas bukti tersebut, lanjut Samsul, pihaknya akan melakukan aksi demonstrasi secepatnya, untuk mengungkap oknum-oknum yang bermain dalam pembuatan paspor tersebut.

“Kami komitmen untuk melakukan aksi demonstrasi dan terus mengawal ini sampai oknum-oknum tersebut terungkap dan tertangkap,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Pamekasan, Imam Bahri, dikonfirmasi melalui salahsatu pegawainya, Hosnan, pihaknya tidak mau berkomentar.

“Maaf pak, belum ada arahan dari pimpinan,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA